SMAN 1 Leces: Kuota Gratis Untuk Siswa

Pembelajaran jarak jauh lewat daring dikeluhkan para orang tua dan peserta didik. Sebab, biaya pulsa atau paket data membengkak. Karena itu, Dinas Pendidikan Jawa Timur akan memberikan bantuan kuota internet gratis untuk 1,3 juta siswa SMA, SMK, dan SLB baik negeri maupun swasta di Jawa Timur mulai awal September. Kepastian itu didapat setelah dispendik menjalin kerja sama provider Telkomsel. ”Jatim akan dijadikan pilot project dengan besaran kuota 10 gigabyte (GB).

Kuota 10 GB itu untuk satu siswa,” ujar Kepala Dindik Jatim Wahid Wahyudi. Tak hanya siswa, ada 96.122 guru dan tenaga kependidikan juga mendapatkan fasilitas kuota gratis ini. secara teknis pembagian kuota internet gratis akan dikoordinasikan oleh 38 tim dari provider dengan cabang dinas (cabdin) pendidikan Jatim di kabupaten/kota.

Kuota internet untuk pelajar di Kabupaten Probolinggo sudah dibagikan sejak pekan lalu. Sementara pembagian untuk pelajar di SMAN 1 Leces dilakukan secara bertahap. Pembagian di SMAN 1 Leces, masih menyesuaikan karena saat ini masuk zona kuning Covid-19. Sehingga kegiatan sekolah harus menerapkan protokol Covid-19 dan secara terbatas. Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bekerjasama dengan Telkomsel menyalurkan bantuan kartu internet kepada siswa SMA/SMK dan SLB se-Jawa Timur dengan kuota 10 GB per kartu, dan dengan mengisi ulang pulsa sebesar 5000, otomatis kartu internet siswa akan terisi kuota sebesar 11GB apabila kuota sebelumnya telah habis.

Pihak SMAN 1 Leces pun menyambut baik pembagian kuota internet gratis oleh Pemprov Jatim. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban wali murid dan mendorong optimalisasi kegiatan belajar mengajar secara daring. Adapun Pendistribusian kartu internet ke siswa tengah dilakukan SMAN 1 Leces secara betahap sejak awal pekan ini.

Penyerahan Kartu Internet Oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Leces Secara Simbolis